Rilis ASPBI (5 April 2012)

ASPBI

ALIANSI SERIKAT PEKERJA/SERIKAT BURUH INDONESIA 

PRESS RELEASE

No. 001/Pers/ASPBI/III/2012

 

1. Tentang  Rencana  dan dukungan terhadap judicial review terhadap UU APBN Perubahaan 2012
2. Tentang di bentuknya Komite Pengawasan Ketenagakerjaan

Tentang UU APBN Perubahan yang baru di sahkan tanggal 31 Maret 2012, kami nyatakan sikap :

  1. Merupakan tipu muslihat yang di pertontonkan olrh DPR dan pemerintah, karena telah memberi peluang bag pemerintah untuk menaikan harga BBM setiap saat dalam kurun waktu 6 bulan jika kenaikan rata-rata 15% di atas asumsi APBN, tanpa persetjuan DPR lagi.
  2.  UU APBN P (terutama poin (a) pada pasal 7 ayat 6, menurut kami, juga tidak mengandung kepastian hukum sebagaimana diatur dalam pasal 26 D ayat (1) UUD 1945. UU itu juga sangat bertentangan dengan Pasal 1945.
  3.  Untuk itu kami MENOLAK TEGAS hasil sidang Paripurna DPR tersebut serta mendukung dan akan terlibat aktif dalam upaya judicial review terhadap UU APBNP 2012 ke Mahkamah Konstitusi, demi tegaknya UUD 1945 khusunya pasal 33.

Tentang Pembentukan KOMITE PENGAWASAN KETENAGAKERJAAN, kami menyatakan  sikap:

  1. Situasi obyektif pengawasan ketenagakerjaan yang masih sangat lemah selama 10 tahun terakhir menyebabkan ribuan kasusu ketenagakerjaan (hubungan Industrial) berakhir pada kekalahan buruh/pekerja.Penegakan hukum di bidang ketenagakerjaan menjadi rapuh,sehingga bukan saja merugikan pekerja/buruh namun juga merugikan dunia usaha (industri nasional).
  2.  Untuk itu kami mendorong dan mendukung dibentuknya Komite Pengawas Ketenagakerjaan (KOMWASNAKER) sebagai bentuk penguatan terhadap sistem pengawasan ketenagakerjaan. KOMWASNAKER harus melibatkan Tripartit (SP/SB,pemerintah,pengusaha),Kepolisian dan Kejaksaan,dan dibentuk ditingkat pusat hingga daerah.
  3.   KOMWASNAKER tersebut merupakan langkah awal bagi terbentuknya Komisi Nasional Hubungan Industrial (KOMNAS HI) yang lebih menyeluruh dan dapat menjamin terwujudnya hubungan industrial yang harmonis sehingga dapat menguatkan industri nasional dan kesejahteraan pekerja

Dalam rangka mengkampanyekan beberapa hal diatas,maka kami dalam kesempatan ini  juga menyatakan bahwa pada 1 Mei 2012 akan melakukan mobilisasi massa secara nasional yang akan melibatkan puluhan ribu pekerja/buruh.

Demikian press release ini kami sampaikan,atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan banyak terimakasih.

 

Jakarta, 05 April 2012

Aliansi Serikat Pekerja/Serikat Buruh Indonesia

SPN – KSPSI – ASPEK – SPINDO – SBSI 92 – FNPBI – FSP BUMN

Rilis ASPBI

Rilis ASPBI

Posted in Press Release

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>