Ratusan Pekerja Outsourcing Telkomsel Tuntut Upah Layak

FNPBI Surabaya demo Telkomsel

FNPBI Surabaya demo Telkomsel

Surabaya – Ratusan buruh outsourcing Telkomsel se-Jatim menuntut kejelasan kerja dan gaji UMK. Massa yang telah bekerja bertahun-tahun ini tak ingin nasib dan masa depannya tanpa jaminan kerja hingga purna.

Massa yang tergabung dalam Front Nasional Perjuangan Buruh Indonesia (FNPBI) ini menuntut kejelasan masa depannya dengan mendatangi kantor koperasi perusahaan alih daya koperasi telekomunikasi seluler (kisel) yang ada di Jalan Genteng Kali 71.

Dalam orasinya, massa menuntut 3 tuntutan, yakni tentang penghapusan sistem kerja kontrak dan outsourcing, pengangkatan pekerja kontrak kisel menjadi karyawan tetap, serta upah layak sesuai upah minimum kota yang berlaku.

Dalam aksi yang mendapat pengawalan beberapa petugas dari Polsek Genteng ini, selain melakukan orasi, massa juga menggelar aksi teatrikal.

Tak hanya itu, para buruh outsourcing Telkomsel ini juga membawa beberapa ekor burung merpati yang kemudian dilepas bersama-sama pertanda kebebasan.

“Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) yang dilakukan kisel melanggar ketentuan undang-undang,” kata Hendraven, salah seorang buruh saat orasi, Kamis (4/4/2013).

Selama ini para buruh outsourcing ini merasa terombang-ambing nasibnya. Selain upah rendah dibawah UMK, para buruh juga menganggap, selama ini seperti mempertaruhkan kesejahteraan hidupnya sendiri.

“Perusahaan bisa seenaknya tiba-tiba memutuskan hubungan kerja. Kami habis manis sepah dibuang!,” teriak Hendraven.

Dari pantauan detiksurabaya.com, massa yang mengenakan ikat merah di kepala ini juga membawa berbagai poster, diantaranya bertuliskan ‘Loyalitas tanpa batas, habis masa kerja karyawan dihempas’, ‘Koperasi Telkomsel Buat Karyawan Jadi Budak Kerja’ dan ‘Upah Murah dan Sistem Kontrak Bertentangan dengan Pasal 33 UUD 1945’.

(nrm/ze)

Sumber: Detikcom, 04/04/2013

Posted in Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>