Kelompok Buruh Ancam Lakukan Mogok Nasional

foto amal

Jakarta, GATRAnews – Buruh yang tergabung dalam Front Nasional Perjuangan Buruh Indonesia (FNPBI) dan masuk dalam Aliansi Masyarakat Anti-Liberalisasi (AMAL) akan melakukan unjuk rasa dengan mogok nasional pada 9 Desember mendatang.

Aksi dan mogok nasional tersebut, menurut Pjs Sekretaris Jenderal FNPBI, Supriadi Prastyo di Jakarta, Sabtu (6/12), akan dikonsentrasikan di depan kantor Kemenerian Tenaga Kerja (Kemenaker) dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Menurut Supriadi, tuntutan dalam aksi mogok nasional tersebut yakni turunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), menolak BPJS, penghentian refresifitas aparat, dan melaksanakan Pasal 33 UUD 1945.

Buruh dan bersama elemen lainnya kembali turun ke jalan dan menggelar aksi karena hingga saat ini pemerintah tetap bergeming dengan harga baru BBM, kendati bermunculan berbagai tuntutan untuk menurunkan harganya.

“Bahkan, aksi-aksi yang dilakukan di berbagai daerah sudah banyak menelan luka berat sampai korban meninggal di Makassar, akibat represif aparat,” ujar Supriadi.

Pemerintahan Jokowi-JK berdalih, bahwa besarnya alokasi subsidi BBM menyebabkan pemerintah tidak punya ruang fiskal untuk menjalankan programnya, terutama untuk pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

“Nah, untuk meredam dampak kenaikan harga BBM, Jokowi-JK menerbitkan tiga kartu sakti, yakni KIS, KIP, dan KKS,” kata Supriadi.

Padahal, efek berantai akibat kenaikan harga BBM bersubsidi memicu berbagai hal, seperti kenaikan biaya transportasi, biaya hidup, biaya produksi yang bisa memicu terjadinya PHK, dan lain-lain akan membawa tekanan ekonomi yang cukup mendalam bagi rakyat Indonesia, terutama rakyat miskin.

Menurutnya, kalau memang masih berkomitmen memperjuangkan cita-cita Trisakti sesuai janjinya dalam kampanye, maka pemerintahan Jokowi-JK harus menghentikan liberalisasi minyak dan gas (migas) di Indonesia, baik di sektor hulu maupun hilir.

“Sebagai langkah awal pemerintah baru ini, harus mencabut UU Migas tahun 2001 serta harus mengembalikan tata kelola migas sesuai semangat Pasal 33 UUD 1945,” tegas Supriadi.

 

Sumber berita : http://www.gatra.com/nusantara-1/nasional-1/107094-kelompok-buruh-ancam-lakukan-mogok-nasional.html

Tagged with: , ,
Posted in Berita
 Berdikari Online
Langganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan situs ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Artikel Terbaru
Materi Bacaan
Peraturan Terkait