Profil FNPBI

Logo FNPBI

Logo FNPBI

Front Nasional Perjuangan Buruh Indonesia (FNPBI) adalah federasi serikat buruh multi sektor yang didirikan di Lembang, Jawa Barat pada 16 Mei1999. Pendirian tersebut digagas oleh sejumlah serikat buruh lokal dari berbagai kota dan provinsi di Indonesia.

FNPBI mengorganisasikan puluhan ribu anggota yang tersebar di pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali. Sektor-sektor industri yang diorganisasikan meliputi; sektor garmen dan tekstil, perkebunan, pertambangan, pelabuhan, transportasi, kimia, baja, makanan dan minuman, rokok, dan perhotelan.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan FNPBI meliputi kerja advokasi, aksi kampanye hak-hak ekonomi dan hak-hak politik buruh, serta pendidikan dan pelatihan. Beberapa kegiatan advokasi yang dilakukan contohnya antara lain advokasi terhadap pegawai operator Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang menuntut perbaikan status kerja, pembuatan collective bergaining di beberapa perusahaan, serta melakukan pemogokan dan negosiasi seperti di PT. Animale – Bali (2007), PT. Sayap Mas Utama – Jakarta (2010), PT. Bali Hai – Bekasi (2008), PT. Bintang Adi Busana – Jakarta (2008), dan PT. Raja Container Indonesia – Jakarta.

Kampanye hak-hak ekonomi meliputi isu kenaikan upah (kampanye pemberlakuan standard upah minimum nasional), jaminan bekerja (job security), jaminan sosial, dan keselamatan dan kesehatan kerja. Sementara kampanye hak-hak politik meliputi kebebasan berserikat, pengorganisasian kelas buruh sebagai kekuatan politik dalam arena elektoral maupun non elektoral, serta kampanye untuk membangun solidaritas terhadap sektor-sektor rakyat tertindas lainnya.  Kampanye ini dilakukan melalui media (koran) organisasi bernama Seruan Buruh, selebaran, serta melalui media massa mainstream dengan melakukan konferensi pers, pendirian posko-posko, dan aksi massa.

Dalam menunjang perjuangan kaum buruh, FNPBI melakukan pendidikan-pendidikan di tingkat pabrik yang berisi sosialisasi hukum perburuhan, teknik advokasi, teknik pengorganisiran, dan sejarah gerakan buruh Indonesia maupun dunia. Selain itu FNPBI bekerja sama dengan organisasi masyarakat lain yakni Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) menyelenggarakan pendidikan dasar feminisme yang diikuti anggota dari kedua organisasi. Pendidikan dasar feminisme ini dilangsungkan secara regional di Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi.

 Berdikari Online
Langganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan situs ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Artikel Terbaru
Materi Bacaan
Peraturan Terkait