PEMOGOKKAN SBTK FNPBI DEPO PT. SAYAP MAS UTAMA LIMA DEPO JAWA BARAT

FORUM KOMUNIKASI

SBTK FNPBI DEPO PT. SAYAP MAS UTAMA

JAWA BARAT

Kepada Yth.

Kawan-kawan Pimpinan dan Anggota Serikat Pekerja/Serikat Buruh, Aktivis Organisasi Massa, Lembaga Swadaya Masyarakat, Pemuda/Pelajar, Wartawan, Akademisi, Budayawan, dan Masyarakat Umum

 

 

Seruan Solidaritas Untuk Pemogokan Buruh PT. Sayap Mas Utama

(Dimulai tanggal 24 April 2013)

 

PT. Sayap Mas Utama (anak perusahaan Wings Group) merupakan perusahaan yang memproduksi sabun, detergen, pewangi pakaian, dan produk lainnya dengan merek terkenal, seperti mie sedap dan detergen Soklin. Perusahaan ini memiliki Investasi dari Hilir hinnga Hulu. Saat ini PT. Sayap Mas Utama  merupakan pesaing utama dari korporasi transnasional Unilever dan Indofood ini selain memproduksi kebutuhan Domistik perusahaan ini pun meng export ke Negria hingga philipina.

 

Sangat di sayangkan, perusahaan raksasa ini ternyata masih memperlakukan pekerjanya dengan semena-mena khususnya di bagian pengiriman barang. Pekerja di lima depo PT. Sayap Mas Utama Jawa Barat (depo Garut, depo Subang, depo Cikampek, depo Cileunyi dan depo Bogor), mengalami pelanggaran hak-hak normatifnya yang dapat kami jelaskan sebagai berikut:

 

1.         Perusahaan tidak membayar upah kerja lembur sesuai dengan  Pasal 78 ayat [2] Undang-Undang Ketenagakerjaan No. 13 tahu 2003 yang menyatakan bahwa “Pengusaha yang mempekerjakan pekerja/buruh melebihi waktu kerja) wajib membayar upah kerja lembur”,  junto pasal 85  [3] UU No 13 tahun 2013 yang menyatakan bahwa “Pengusaha yang mempekerjakan pekerja/buruh yang melakukan pekerjaan pada hari libur resmi) wajib membayar upah kerja lembur”. Sementara dalam penghitungan lembur managemen tidak sesuai dengan Kepmenakertrans No. 102/MEN/VI/2004.

 

2.         Tindakan perusahaan ini dapat dipidanakan karena telah melanggar UU No. 13 Tahun 2013 pasal 187 [1]  dengan sanksi pidana kurungan paling singkat 1 bulan, paling lama 12 bulan dan/atau denda paling sedikit Rp. 10.000.000 dan paling banyak Rp. 100.000.000.

 

3.         Tidak ada peraturan yang jelas tentang hak dan kewajiban bagi pekerja, sehingga pimpinan perusahaan di depo-depo tersebut membuat kebijakan yang semena-mena terhadap pekerja. Pada saat pekerja meminta diturunkan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dari perusahaan induk, pihak pimpinan depo menolak dengan alasan pekerjaan di depo bukan bagian dari produksi. Padahal pekerja di Depo PT. Sayap Mas Utama jelas merupakan bagian dari rantai produksi yang menghasilkan laba bagi perusahaan.

 

Berdasarkan situasi yang dijelaskan di atas maka kami dari SBTK FNPBI PT. Sayap Mas Utama Depo Se-Jawa Barat (Garut, Cikampek, Subang, Cileunyi dan Bogor) menuntut:

 

1.         Berlakukan Upah Lembur Sesuai Kepmenakertrans No. 102/MEN/VI/2004.

2.         Pemberlakuan turunan PKB Pusat ke Depo-depo.

 

Tuntutan ini sudah berulang kali kami sampaikan dan negoisasikan ke pihak manajemen, dari tingkat Depo hingga ke Managemen Pusat PT. Sayap Mas Utama, namun hingga saat ini tidak ada tanggapan positif. Oleh karena itu kami buruh di Lima Depo PT. Sayap Mas Utama (Garut, Cikampek, Cileunyi, Subang dan Bogor) akan melakukan aksi pemogokkan serantak di masing-masing depo mulai tanggal 24 April 2013 sampai waktu yang belum ditentukan.

 

Kepada  Gerakkan Buruh dan gerakkan pro demokrasi kami harapkan dukungan dan solidaritas untuk menekan pihak managemen dengan cara mengirim fax ke Pimpinan Perusahaan PT. Sayap Mas Utama Pusat  dengan No Fax 62 21 460 3494 atau surat ke alamat Jl. Tipar Cakung Kav F5-7 Jakarta Timur.

           

Atas perhatian dan solidaritas kawan-kawan  kami ucapkan terima kasih.

 

Salam Solidaritas!

 

Buruh Bersatu Tak Bisa  Dikalahkan!

Diam Tertindas  atau Bangkit Melawan!

Bandung, 22 April  2013

Kordinator SBTK FNPBI PT. Sayap Mas Utama Se-Jawa Barat

 

Hormat Kami

TTD

Anton Juhantono


 

Posted in Berita, Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>